Secara etimologis manajemen berasal dari kata managemen yang terdiri dari kata manage atau managiare, yang berarti melatih kuda dalam melangkahkan kakinya. Menurut Terry dalam Mustiningsih (2005) manajemen merupakan proses kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengontrolan dengan mendayagunakan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya untuk mencapai suatu tujuan. Pendapat yang serupa juga dikemukakan oleh Kamaludin dalam Mustiningsih (2005) yang menyatakan bahwa manajemen sebagai suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan untuk mencapai tujuan organisasi melalui pemakaian sumber-sumber daya manusia dan material.

Menurut Gie (1996) manajemen adalah segenap perbuatan menggerakkan sekelompok petugas dan mengerahkan segenap sarana dalam sesuatu organisasi apapun untuk mencapai tujuan tertentu. Begitu pula dengan Stoner dalam Handoko (1997) memberikan batasan manajemen sebagai suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah di tetapkan.

Menurut Hamalik (2006) manajemen diartikan berbeda-beda, namun dari beberapa pendapat yang di sebutkan di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa proses manajemen terdiri dari lima tahapan pokok, yakni tahap perencanaan, tahap pengorganisasian, tahap pelaksanaan, tahap pengawasan dan tahap evaluasi.

Sedangkan menurut Light dalam Hasibuan (1990) manajemen adalah kerangka pengetahuan tentang kepemimpinan. Disampaikan Siagian (1996) kepemimpinan adalah motor daya penggerak daripada semua sumber-sumber dan alat-alat (resources) tersedia pada suatu organisasi. Dari berbagai uraian yang di sampaikan maka dapat diketahui bahwa manajemen juga bertanggung jawab terhadap pengarahan misi dan pencapaian tujuan yang efektif dan efisien. Apabila dihubungkan dengan manajemen layanan khusus, yang mana pengelola suatu lembaga memiliki peranan penting untuk melaksanakan proses manajemen, memberikan arah dan misi, serta mengusahakan pencapaian tujuan layanan khusus secara efektif dan efisien.